ARTIKEL

“If we, citizens, do not support our artists, then we sacrifice our imagination on the altar of crude reality and we end up believing in nothing and having worthless dreams.”

Yann Martel, Life of Pi

Posted in NUKILAN, Quote Format and tagged , ,

by . Leave a comment

Cara Menentukan Penghargaan

Penghargaan adalah bentuk terima kasih kamu kepada para Pewujud yang sudah memberikan donasi. Setelah menentukan konsep Kreasimu, sekarang kamu tinggal menentukan Penghargaan yang akan kamu berikan jika kampanyemu berhasil. Bagaimana menentukan Penghargaan yang tepat? Bentuk-bentuk penghargaan bermacam-macam. Mulai dari ucapan terima kasih, sampai ke DVD film yang kamu bikin, atau bahkan sebuah konser mini. Semakin...

Cara Merencanakan Konsep Crowdfunding

Salah satu syarat suksesnya Crowdfunding adalah perencanaan yang matang. Kalau konsepnya sudah jelas, kamu jadi gak perlu menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer, ngetwit berpuluh kali setiap hari, atau bahkan ambil cuti selama penggalangan dana. Jadi gak ribet, kan? Berikut cara-cara merencanakan Crowdfunding dengan tepat agar Kreasimu bisa terwujud: Konsep Sekitar 2-3 bulan sebelum kamu...

Cara Mengoptimalkan Facebook Untuk Kampanye

Pengguna Facebook di Indonesia begitu fantastis. Tahun 2014 ada lebih dari 60 juta users di Indonesia. Dan diperkirakan di tahun 2015, jumlah ini akan bertambah lebih dari 10%. Pasti, deh, hampir semua teman-teman dan keluarga kamu punya Facebook. Apalagi ditunjang dengan fitur-fiturnya yang banyak banget, Facebook sangat bisa jadi alat yang paling mudah untuk kampanye...

Cara Mengoptimalkan Blog Untuk Kampanye

Buatlah artikel dalam 200-300 kata. Tidak perlu panjang-panjang, yang penting isinya singkat dan jelas. Supaya tidak menghabiskan waktu si pembaca. Agar pembaca blog lebih mengerti isi artikelmu, buatlah perkembangan Kreasi dalam bentuk poin-poin atau kategori yang jelas. Selain jadi lebih mudah untuk dimengerti, juga supaya pembaca tidak bosan. Jangan lupa sertakan gambar-gambar yang dapat membantu...

Cara Mengoptimalkan Email, SMS, dan BBM

Kumpulkan dan buatlah daftar kontak dari orang-orang yang kamu kenal untuk langkah awal penyebaran informasi penggalangan dana yang kamu jalankan. Bisa teman-temanmu, keluargamu, atau keluarganya teman-temanmu. Semakin banyak orang yang kamu kumpulkan, maka kesempatan Kreasimu untuk mendapatkan donasi semakin besar. Kirimkan informasi awal tentang Kreasi kamu dan jangan lupa sertakan tautan (link) halaman Kreasi kamu...

Kreator #BukuGrungeLokal: Kredibilitas Modal Utama

Di balik setiap crowdfunding yang sukses, selalu ada Kreator yang giat banget usaha. Begitu juga dengan Kreasi #BukuGrungeLokal. Di tengah banyaknya komentar-komentar negatif tentang Kreasinya, Eko Prabowo malah makin giat berkampanye dengan terus mengoptimalkan semua akun sosial media yang dia miliki. Hasilnya? Kreasi #BukuGrungeLokal berhasil terwujud dan menggalang dana lebih dari 20 juta rupiah bahkan...

Langkah-langkah Membuat Kreasi

wujudkan-header-howto

Salah satu fitur yang terbaru di website Wujudkan adalah kemudahan memulai kampanye Kreasi. Kalau sebelumnya kamu hanya bisa mengajukan proposal dan menunggu sampai pengajuanmu dibalas Tim Wujudkan, sekarang kamu cukup mengikuti langkah-langkah mudah yang kami sediakan. Mau tau? Begini caranya: 1. Buat Kreasi Klik pilihan ‘Buat Kreasi’ di menu navigasi halaman utama. Letaknya ada di...

Yuk Lihat Rumah Baru Wujudkan!

wujudkan-header-halo

Halo, Pewujud! Tim Wujudkan hari ini lagi seneng-senengnya, nih! Soalnya, hari ini laman Wujudkan.com tampil baru. Rasanya kayak pindah rumah baru gitu, deh, semuanya serba baru. Mulai dari warna, logo, sampai ke fitur baru yang mengutamakan kenyamanan dan kemudahan bagi pengunjung website. Nah, di rumah baru ini, yang paling mencolok adalah perubahan logo Wujudkan. Logo ini...

Mengoptimalkan Twitter Untuk Kampanye

“Ada satu hasil riset yang menyimpulkan kalau kita perlu mengirim Tweet yang sama sebanyak 7x sebelum akhirnya dibaca oleh 1% dari jumlah followers.”   Setelah kamu mencari dan akhirnya menentukan siapa “crowd”-mu, langkah berikutnya adalah berkampanye. Twitter adalah salah satu “senjata” ampuh yang bisa kamu gunakan saat penggalangan dana Kreasi kamu. Kali ini kami merangkum...

Kejutan Kecil Untuk Anak-Anak di Lereng Merapi

Berawal dari rekomendasi beberapa teman, Skolastika Pertiwi iseng-iseng melihat website Wujudkan. Waktu itu, dia sama sekali belum kepikiran untuk membuat apapun. Tapi, setelah membaca-baca lebih lanjut, Tika akhirnya memutuskan untuk ikut menggalang dana. Tika, yang pada dasarnya suka berinteraksi dengan anak-anak dan alam, ingin membuat suatu karya mumpung ia ditugaskan di SD yang letaknya di...