ARTIKEL

Langkah Pertama sebelum Crowdfunding

Apa sih yang membuat sebuah kampanye crowdfunding sukes menggalang dana, sementara banyak kampanye lainnya gagal? Apa faktor penentunya?

Ada banyak banget hal yang menentukan apakah kampanye crowdfunding kamu akan berhasil atau tidak. Melalui serial tulisan ini, faktor-faktor pendukung kesuksesan crowdfunding akan kita bahas satu-satu.

Mari kita mulai dengan langkah pertama. Hal pertama yang harus kamu pahami adalah: MENCARI.

Istilah crowdfunding terdiri dari dua kata: crowd dan funding. Dan bukan kebetulan kalau kata “crowd” muncul sebelum kata “funding”. Artinya, untuk mendapat “funding”, kamu harus tahu dulu “crowd”nya siapa. Inilah langkah pertama kamu.

Jadi, yuk coba mulai dirumuskan…siapa sih sebenarnya “crowd” dari kreasi kamu? Siapa yang akan suka dengan kreasi kamu ini? Karakter mereka seperti apa? Kira-kira gimana ya cara mengidentifikasi mereka? Apakah mereka pengguna twitter? Atau mereka facebook-an aja? Atau jangan-jangan mereka tipe yang anti social media? Apakah ada forum tertentu tempat mereka berkumpul? Dan seterusnya.

 

silhouettes

 

Penting sekali bagi tiap kreator memahami siapa yang akan menyukai kreasi mereka. Siapa “crowd” mereka. Karena dari pengetahuan ini, banyak hal menjadi lebih mudah. Kamu jadi tahu bagaimana cara menuliskan ide kreasi kamu supaya menarik bagi mereka. Kamu tahu persis reward seperti apa yang mereka inginkan. Dan yang paling penting: kamu tahu harus berkampanye melalui media apa.

Apakah kamu telah mengenal siapa “crowd” kamu?

Di tulisan berikutnya, kita akan membahas bagaimana caranya mengenali siapa “crowd” kamu. 🙂