ARTIKEL

“Kami Bukan Penari Profesional, Tapi Kami Menari Seperti Profesional”

Pernyataan ini keluar dari Emanuel Cahyono, salah satu kreator Semangat Penari Muda Indonesia. Tim tari asal Universitas Paramadina ini berencana mengikuti International Youth Dance Festival di Macau.

Salah satu cara yang digunakan oleh Emanuel dan teman-temannya adalah crowdfunding di Wujudkan.com. Bukan tanpa alasan ia memilih jalur crowdfunding. Emanuel memiliki keyakinan yang cukup besar dengan crowdfunding. Tapi, crowdfunding bukan satu-satunya cara yang ia pilih.

Simak obrolan Wujudkan.com dengan Emanuel Cahyono berikut ini.

1. Kenapa kamu memilih crowdfunding sebagai salah satu cara untuk menyukseskan kreasi ini?

Karena menurut saya, crowdfunding seperti Wujudkan.com adalah salah satu cara efektif untuk menyukseskan kreasi ini. Kelebihannya adalah dapat diakses melalui internet. Ini jadi keuntungan bagi kami dalam hal menyebarkan informasi mengenai kreasi ini kepada siapa saja.

2. Selain crowdfunding, cara apa lagi yang kalian gunakan saat ini?

Saya dan tim melakukan beberapa hal lain juga, misalnya mengajukan proposal sponsorship ke pihak-pihak yang kira-kira bisa mendukung. Fundraising juga kami lakukan dengan cara berjualan makanan di area kampus Universitas Paramadina, Taman Mini Indonesia Indah, dan waktu Car Free Day Jakarta.

3. Bagaimana kamu dan tim menyebarluaskan berita seputar kreasi ini?

Kami memaksimalkan berbagai media sosial seperti Twitter, Facebook dan juga email.

4. Apa yang membedakan tim tari kalian dengan tim tari lainnya?

Kami selalu memiliki semangat yang tinggi untuk dapat menjadi duta bangsa di kancah internasional. Kami berusaha selalu optimal dalam melakukan sesuatu, termasuk dalam usaha untuk merealisasikan misi budaya ini. Begitu juga dengan pertunjukan tari kami, yang selalu kami usahakan seoptimal mungkin. Sesuai dengan slogan kami, “Kami bukan penari profesional, tapi kami menari seperti profesional.”

5. Ke depannya, apakah kamu akan terus menggunakan media crowdfunding?

Tentu saja. Apalagi kalau melihat perkembangan internet di Indonesia yang semakin meningkat. Crowdfunding akan semakin efektif ke depannya.

Kategori