ARTIKEL

Kunci Keberhasilan Crowdfunding: Reward Yang Menarik

 

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan kampanye crowdfunding kamu tidak berhasil. Bisa jadi karena salah menentukan target dana (terlalu tinggi), bisa jadi karena halaman informasi kreasi yang tidak menarik (tidak ada gambar yang menarik, tidak jelas apa yang ingin dibuat), tapi salah satu faktor yang juga sangat penting adalah: reward yang ditawarkan tidak menarik.

Berdasarkan pengamatan kami atas kampanye-kampanye crowdfunding yang pernah dilakukan, inilah tiga karakteristik dari reward yang menarik.

1. Reward yang menarik adalah reward yang berhubungan dengan kreasi yang dibuat.

Kalau kreasi kamu adalah sebuah film, maka apa daya tarik utama dari kreasi kamu? Ya tentunya film itu sendiri, dong. Jadi, kalau kamu justru tidak menawarkan reward agar pewujud dapat menyaksikan atau memiliki film tersebut, kampanye kamu jadi tidak menarik. Ini berlaku untuk semua jenis kreasi.

Selain memberikan reward kreasinya itu sendiri, memberikan merchandise juga reward yang menarik. Tapi merchandise ini harus berhubungan dengan kreasinya. Contohnya, kalau kamu ingin membuat sebuah game zombie, namun kamu menawarkan reward stiker hello kitty, tentunya ini tidak berhubungan dan jadi tidak menarik. Penggemar Hello Kitty tidak akan membaca informasi kreasi tentang zombie, dan penggemar zombie tidak akan tertarik kepada Hello Kitty.

Crowdfunding adalah kolaborasi. Calon pewujud tertarik kepada kreasi kamu karena kreasi itu sendiri. Jadi, berikanlah reward dalam bentuk akses kepada kreasi kamu, baik dalam bentuk produk akhir dari kreasi itu sendiri, atau dalam bentuk merchandise.

2. Reward yang menarik adalah reward yang memberikan penghargaan khusus kepada pewujud.

Bukan, maksudnya bukan kamu harus memberikan piala. Tapi libatkanlah pewujud dalam kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan kreasi kamu. Buat mereka merasa spesial. Misalnya, kreasi kamu adalah sebuah album musik, maka kamu bisa memberikan reward mengundang mereka saat penampilan perdana kamu. Atau kamu bisa menawarkan konser privat di rumah mereka.

Keuntungan dari reward semacam ini adalah kamu tidak mengeluarkan biaya yang besar karena tidak perlu memproduksi barang, tapi pewujud merasa lebih dihargai. Reward semacam ini membuat mereka merasa kau merangkul mereka sebagi bagian dari kreasi kamu. Reward semacam ini justru menjadi satu hal yang tidak terbeli.

3. Reward yang menarik adalah reward yang kreatif.

Semakin kreatif reward yang kamu buat, semakin menarik kampanye kreasi kamu. Coba deh melihat-lihat kampanye crowdfunding lain yang sedang berjalan, yang bentuk kreasinya sama dengan kamu. Pelajari reward apa yang mereka tawarkan, dan coba berikan reward yang lebih kreatif lagi.

 

Ada banyak contoh reward yang kreatif yang pernah dibuat. Dalam post berikutnya, saya akan bercerita jenis-jenis reward yang menurut saya sangat kreatif dan menarik. Kalau teman-teman ada ide reward yang kreatif, silahkan tuliskan komen di bawah ini. Atau mungkin teman-teman pewujud ada keinginan reward tertentu? Yuk dituliskan saja.

Kategori