ARTIKEL

Realisasi Kreasi: INKUBUKU Bercita-cita Punya Ruang Permanen

mobilinkubuku

INKUBUKU adalah salah satu Kreasi yang berhasil terwujud melalui jalan crowdfunding di Wujudkan.com. Dengan target dana yang dipasang sekitar 1 juta, Kreasi ini berhasil mengumpulkan dana hingga lebih dari 2 juta rupiah dalam waktu yang ditentukan. Langkah selanjutnya bagi sang Kreator tentu saja merealisasikan Kreasi ini menjadi nyata. Lantas, sudah sampai mana perkembangan INKUBUKU saat ini?

Sang Kreator, Cahyoga Agung, menyampaikan bahwa saat ini INKUBUKU membuka stand peminjaman buku dengan menggunakan mobil. Bisa dibilang semacam perpustakaan berjalan. Biasanya, mereka parkir di salah satu taman di Bandung, tepatnya di Jalan Teukeu Umar, dekat Universitas Padjajaran dan ITB. “Hal ini kami lakukan, karena sampai saat ini kami belum punya ruang permanen,” tambah Cahyoga lagi.

Acara NGADUide

Di luar kegiatan offline, INKUBUKU juga terus berbenah di sektor online. Saat ini INKUBUKU sedang melakukan perancangan ulang untuk situs mereka. Diharapkankan, dengan situs yang lebih baik, respon masyarakat terhadap Kreasi ini akan terus bertambah baik. Sampai saat ini saja, Cahyoga mengatakan bahwa mereka sudah menerima sekitar 300 buku hasil dari titipan masyarakat Bandung.

Meski terbilang sudah berhasil terealisasi, namun Cahyoga mengakui bahwa masih ada beberapa kendala yang harus dihadapi. “Belum adanya pemasukan rutin untuk menutupi biaya operasional. Makanya kami juga masih terus berbenah untuk sektor itu, khususnya mekanisme peminjaman,” jawab Cahyoga, serius. Penggodokan mekanisme peminjaman terus dikejar oleh Cahyoga, untuk ke depannya dapat memenuhi permintaan peminjaman buku dari luar Bandung.

vinca_penulis seruak_nyumbang buku

Jadi, kalau saat ini kamu ingin berpartisipasi atau sekadar melihat wujud nyata INKUBUKU, datangi saja mobil INKUBUKU di tempat-tempat yang sudah disebutkan. Selain di sana, INKUBUKU juga sering membuka stand di beberapa event lho!

Kategori