ARTIKEL

Langkah-langkah Membuat Kreasi

Salah satu fitur yang terbaru di website Wujudkan adalah kemudahan memulai kampanye Kreasi. Kalau sebelumnya kamu hanya bisa mengajukan proposal dan menunggu sampai pengajuanmu dibalas Tim Wujudkan, sekarang kamu cukup mengikuti langkah-langkah mudah yang kami sediakan. Mau tau? Begini caranya:

1. Buat Kreasi
Klik pilihan ‘Buat Kreasi’ di menu navigasi halaman utama. Letaknya ada di bagian atas halaman. Dari sini kamu akan di bawa ke halaman pendaftaran anggota. Kamu bisa registrasi dengan mengunakan email, atau, lebih gampang lagi dengan menggunakan akun Facebook atau Twitter-mu. Gak perlu repot, cuma sekali klik! Dengan registrasi anggota Wujudkan, maka kamu bisa menjadi Kreator dan Pewujud sekaligus.

daftar

2. Panduan
Setelah menjadi anggota, maka kamu akan di bawa ke Panduan. Laman ini berisi penjelasan-penjelasan kriteria, juga standar Kreasi seperti apa sih yang akan lolos seleksi di Wujudkan. Seperti:
a. Kreasi menarik
b. Halaman kreasi yang meyakinkan
c. Paket penghargkaan yang atraktif
Setelah membaca panduan kamu bisa klik ‘lanjut’ dan ini berarti kamu menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku di Wujudkan.com. Salah satunya adalah, dengan klik ‘lanjut’ maka kamu mengkonfirmasi kalau dirimu sudah berusia 18 tahun atau lebih.

panduan
3. Info Dasar
Di halaman ini ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan:
a. kamu bisa memberi judul Kreasi kamu
b. mengunggah gambar utama yang akan ditampilkan di halaman profil kreasimu. Gambarnya maksimal 50MB dengan resolusi 640×360, ya.
c. Setelah itu kamu bisa menentukan lokasi juga kategori Kreasi. Seperti yang sudah di jelaskan di sini kamu bisa memilih dua kategori. Hal ini akan menguntungkanmu kalau ada Pewujud yang melakukan pencarian Kreasi berdasarkan kategori.
d. Menentukan target dana. Jangan lupa, target dananya harus lebih besar dari Rp 10.000.- dan lebih kecil dari Rp 2 milyar.
e. Setelah itu tentukanlah durasi kampanyemu. Kamu bisa memilih menentukan dengan jumlah hari atau dengan tanggal akhir kampanye. Asalkan durasi penggalangan dananya tidak lebih dari 90 hari. Dan semua kolom harus terisi sebelum kamu bisa melanjutkan ke halaman berikutnya.

infodasar

4. Detail Kreasi
Di halaman ini kamu bisa:
a. mengunggah gambar dan video kreasimu.
b. Menceritakan dengan lebih detil bagaimana dan apa Kreasimu.
c. Menjelaskan tentang rencana penggunaan donasi. Contoh: sewa gedung, beli mesin, akomodasi, dll.
Oh ya, jangan takut bingung, karena di sisi kanan halaman ada simulasi profil Kreasi.

detail kreasi

5. Penghargaan
Tentukan jumlah donasi dan penghargaan kamu di sini. Kamu bisa membuat lebih dari satu jenis penghargaan, semuanya tergantung kebutuhanmu. Ingat: kuncinya adalah buat penghargaanmu semenarik mungkin. 😉

penghargaan
6. Profil
Ada pepatah yang bilang “Tak kenal maka tak sayang”, begitu juga dalam crowdfunding. Penting bagi Pewujud untuk tau siapa yang akan mereka bantu. Nah, di sini kamu bisa melengkapi profilmu dan para Kreator lain agar para Pewujud bisa lebih mengenal kalian.

Sama seperti halaman Info Dasar, di sini juga kamu wajib mengisi seluruh kolom isian sebelum bisa lanjut ke halaman Ulasan. Cara gampang untuk melihat apakah kamu sudah mengisi seluruh kolom isian adalah dengan melihat titik dan garis oranye di bagian atas halaman. Kalau sudah berubah jadi tanda centang, maka semuanya sudah lengkap terisi. Tapi, kalau titiknya masih putih, artinya masih ada yang kurang dan perlu dilengkapi. Setelah semuanya lengkap, barulah kamu bisa ke halaman selanjutnya.

profil kreator

7. Ulasan
Di halaman ini kamu bisa me-review tampilan akhir proposal dan Kreasimu. Di halaman ini juga ada pilihan untuk memasukkan kode komunitas. Jangan kuatir, jika kamu tidak punya kode komunitas, kamu tetap bisa mengajukan proposal. Tinggal klik ‘lanjutkan’ maka proposalmu akan diterima Admin wujudkan untuk seterusnya masuk ke proses seleksi.
Bagaimana? Gampang kan? Yuk coba sendiri di sini!

 

 

 

Kategori