ARTIKEL

VISI KREATOR: Sasi Kirana Dance Camp

Seperti yang sudah teman-teman ketahui, ada sebuah Kreasi menarik di Wujudkan.com yang saat ini sedang menggalang dana. Kreasi ini bernama SASI KIRANA DANCE CAMP. Dengan target dana 30 juta rupiah, Sasi Kirana Dance Camp mengajak kita untuk ikut memajukan seni tari. Wah, apa dan bagaimana Sasi Kirana? Simak wawancara Tim Wujudkan bersama dengan Keni Soeriaatmadja yang akrab dipanggil Keni.

Halo Keni. Sebelumnya, kita penasaran dengan nama Sasi Kirana, apa sih artinya?
Penyelenggara acara ini adalah Bengkel Tari Ayu Bulan, sebuah kelompok tari yg berdiri sejak tahun 1994 dengan platform melestarikan dan menghidupkan genre tari Legong Bali. Pendiri kelompok sekaligus guru kami adalah dr. Bulantrisna Djelantik. Dalam hal ini kami berniat memberi nama project yang masih berkaitan dengan ‘Bulan’, maka muncullah nama Sasi Kirana, yang artinya Bulan Purnama.

Apa latar belakang yang membuat Keni ingin mewujudkan Sasi Kirana Dance Camp?
Saya hidup dan bergaul dengan teman-teman yang kreatif di Bandung, hampir semua teman saya memiliki produk/band/komunitas yang menarik dan karyanya faktual sebagai representasi dari gaya hidup masyarakat hari ini.

Saya sendiri adalah penari tradisi (Bali) yang sudah menari selama 30 tahun,dan saya selalu merasa ada jurang pemisah antara ketertarikan dan keterkaitan saya terhadap tari tradisional dengan gaya hidup urban yang saya jalani sehari-hari.

Mestinya tidak begitu, mestinya ada jalan supaya kita bisa memaknai budaya tradisional dengan cara dan referensi yang ‘update’. Karena makna kata ‘tradisi’ sendiri adalah sesuatu yang terus berjalan hingga saat ini.

Dan ternyata benar saja, di luar kota Bandung sudah ada beberapa seniman tari yang mampu menerjemahkan hal tersebut ke dalam karya-karya yang luar biasa dan diapresiasi secara global. Oleh sebab itulah saya ingin mengajak teman-teman seniman pertunjukan Bandung, khususnya yg muda, untuk berkumpul dan sama-sama belajar dari para seniman yang sudah lebih berpengalaman mengenai hal ini

Apakah program ini akan berjalan hanya sekali ini saja?
Harapan saya program ini bisa berjalan setiap 1 tahun sekali, Sasikirana Dance Camp 2015 adalah pilot project kami. Di sela-sela pelaksanaannya tiap tahun, kami pun berniat untuk membuat workshop-workshop kecil supaya semangat teman-teman seniman pertunjukan di Bandung tetap terbangun.

Mimpi saya, dance camp ini dapat diselenggarakan di berbagai tempat di Indonesia sambil memberdayakan kekuatan alam tempat dan masyarakat di daerah tersebut, seperti misalnya di lingkungan masyarakat maritim, masyarakat hutan pedalaman, masyarakat agraris, masyarakat pesisir, dll, yang pasti akan menghasilkan karya pertunjukan yang menarik untuk kita kaji dan apresiasi.

Mengapa Keni ingin mengajak Pewujud untuk terlibat dengan cara berdonasi di Kreasi Sasi Kirana Dance Camp?
Pertama, karena apa yang saya lakukan ini bukan untuk keuntungan pribadi. Apa yang kami lakukan adalah untuk kemajuan kita bersama. Jadi, dengan membuka peluang kontribusi masyarakat di wujudkan.com, kami membuka kesempatan juga untuk teman-teman sama-sama berjuang mewujudkan seni pertunjukan di Indonesia.
Kedua, crowdsourcing adalah sistem yang sangat menarik dan sangat efektif untuk digunakan di Indonesia, jadi saya merasa perlu menyebarkan sistem ini ke lingkungan teman-teman yang belum terlalu akrab dengan wujudkan.com

Kita juga ingin lebih kenal dengan Keni, apakah boleh diceritakan latar belakang Keni di dunia seni?
Saya menari Bali sejak umur 6 tahun, dan ga pernah berhenti sampai sekarang. Cukup serius mengikuti beberapa festival, lalu setelah dewasa bergabung dengan Bengkel Tari Ayu Bulan sampai sekarang dipercaya menjadi Program Directornya. Beberapa kali mendapat kesempatan berkeliling ke beberapa tempat dalam misi kebudayaan RI.
Kuliah di Seni Rupa ITB ambil jurusan Seni Murni di Studio Seni Keramik. Saat ini saya juga bekerja sebagai vice Program Director di NuArt Sculpture Park, Bandung.

Saat ini apa peran Keni di Sasi Kirana?
Konseptor, Ketua Penyelenggara, dan lain-lain, dan lain-lain 😉

Terima kasih Keni sudah bersedia meluangan waktu untuk Tim Wujudkan. Yuk, kita berdonasi dan menjadi bagian dari Sasi Kirana Dance Camp!

Kategori