ARTIKEL

Strategi Alternatif Ini Bikin Sukses Kampanye Kreasi dari Jono Terbakar

Inilah kreasi musik yang sukses lewat Wujudkan! Album Dunyakhirat dari band Jono Terbakar berhasil ngumpulin dana hanya dalam 17 hari. Padahal, menurut Nihan Lanisy sang kreator, rencana untuk memasukkan kreasi ini terbilang dadakan, lho. Tapi, hasil nekat dan kerja keras mereka berbuah manis dengan terkumpulnya Rp. 15.573.767 dari target awal yaitu Rp 10.000.000!

Kurangnya dana untuk paska produksi (mixing, mastering, replikasi CD, packaging dan launching) album dari band akustik asal Yogyakarta ini, jadi alasan utama menggunakan jalur crowdfunding. Selain itu, jalur ini katanya sangat membantu. “Kami memilih crowdfunding karena lebih accountable daripada donasi langsung ke rekening kami dan jika tidak akan terpenuhi targetnya dana akan dikembalikan,” kata Nihan.

Sama seperti kreator yang lain, banyak juga kendala yang mereka temui saat kampanye. Salah satunya adalah konsep crowdfunding yang masih awam di masyarakat kita. “… banyak teman yang nggak paham dan/atau malas donasi lewat Wujudkan,” curhat Nihan. Tapi, hal itu nggak bikin semangat mereka surut. Untuk mengatasi kendala tersebut, mereka membuat jalur alternatif untuk menyumbang. Dana yang disumbangkan, ditransfer dulu ke rekening pribadi kelompok Jono Terbakar, abis itu, baru deh mereka transfer ke rekening Wujudkan.

Nggak hanya itu, mereka juga ngandelin media digital untuk promosi dan kampanye album. Mulai dari kirim SMS, sampai Facebook Chat. Lewat modal berani, banyak orang yang mereka kirimkan pesan mem-follow up dukungannya untuk kampanye kreasi ini. Intinya, nggak perlu malu, ya!

Soal Penghargaan, band yang juga beranggotakan Muhammad Nur Hidayat ini terbilang cukup simpel tapi penuh makna. Selain mendapatkan CD album Dunyakhirat, semua Pewujud yang berjumlah 64 orang itu mendapatkan ucapan terima kasih di situs mereka dan juga di sleeve CD. Tambahannya, ada t-shirt dan tote bag eksklusif bagi mereka yang menyumbangkan Rp 100.000 dan Rp 200.000.

Terakhir, Jono Terbakar ngebuktiin kalau keberhasilan kreasi di crowdfunding ini memang karena lingkungan di sekitar kita. “Pewujud kami kebanyakan teman, keluarga, dan orang-orang yang sudah kenal,” kata cowok yang baru saja dikaruniai seorang anak ini. Ini bisa jadi salah satu trategi pertama untuk mengkampanyekan kreasi kamu. PDKT aja dulu sama crowd kamu, yang notabene adalah orang-orang di sekitar, siapa tahu dari situ bisa jadi word of mouth dan makin banyak lagi orang yang mendukung.

 

 

Kategori