ARTIKEL

Maksimalkan Penggunaan E-mail untuk Wujudkan Kampanye Crowdfunding

Seberapa luas jaringan yang bisa kamu bangun berpengaruh banget ke berhasil–nggaknya kampanye crowdfunding kamu, lho. Karena itu, penting buat mengoptimalkan jangkauan e-mail kamu.

Menurut survei yang dilakukan salah satu situs crowdfunding di Amerika Serikat, e-mail yang oke akan bantu kamu banget buat kumpulin 30 % pertama dana yang kamu butuhin. Kalau ini sudah terkumpul, akan lebih banyak deh calon pewujud yang yakin buat kontribusi ke Kreasi kamu.

Nah, gimana caranya memaksimalkan penggunaan e-mail? Simak beberapa tips ini:

Bikin rancangan e-mail kamu

Isi e-mail yang kamu sebarin mesti disesuaikan sama orang yang kamu tuju. Bikinlah template e-mail kamu untuk tiga kelompok yang berbeda: lingkaran terdekat kamu, lingkaran calon pewujud yang lebih luas, dan media. Untuk setiap sasaran, pendekatan kamu mesti berbeda. Tapi semuanya sama-sama perlu memperhatikan poin-poin di bawah ini.

  1. Sapa penerima e-mail kamu dengan nama mereka biar lebih personal. Dan salami mereka dengan cara yang akrab.
  2. Ceritakan soal Kreasi kamu, apa yang melatarbelakangi dibuatnya Kreasi dan mengapa penting untuk dibuat.
  3. Ungkapkan kesamaan nilai dan kepentingan antara Kreasi kamu dengan penerima e-mail kamu itu. Intinya, bikin calon Pewujud merasa bahwa mereka mesti terlibat dalam Kreasi kamu.
  4. Jelasin ke mereka apa yang bisa mereka lakukan buat bantu Wujudkan Kreasi kamu. Jangan lupa kasih tahu juga link atau informasi yang bisa mereka baca supaya tahu caranya bantu kamu. Misal halaman Kreasi kamu di situs Wujudkan, nomer telepon kamu atau akun media sosial kamu.
  5. Gambar-gambar memang nggak harus ada di dalam e-mail. Tapi nggak ada salahnya memasukkan gambar pendukung supaya pesan kamu tambah jelas dan lebih visual.

Kapan waktu yang tepat untuk kirim e-mail?

Untuk para calon Pewujud, kamu bisa mulai kirim mereka beberapa hari sebelum launching kampanye kamu. Lalu, kontak mereka lagi segera setelah launching. Mintalah mereka untuk berkontribusi. Juga, minta mereka untuk sebarin soal Kreasi kamu ke jaringannya.

Untuk ke media, sebaiknya jangan buru-buru kontak mereka. Kirimlah e-mail setelah kampanye kamu punya pijakan yang kuat dan Kreasi kamu kemungkinan besar bakal terwujud. Soalnya, media cuma tertarik jika kampanye kamu sudah mulai kelihatan suksesnya.

Nah, sudah tahu kan, caranya merancang e-mail kamu biar jangkauannya oke? Coba saja ikuti tips-tips di atas. Tapi jangan lupa, tambahin juga sentuhan personal dan kreatifmu sendiri, ya.

Kategori